KOMUNIKASI KESEHATAN



KOMUNIKASI KESEHATAN ADALAH :

  1. STUDI YG MEMPELAJARI BGM CARA MENGGUNAKAN STRATEGI KOMUNIKASI UTK MENYEBARLUASKAN INFORMASI KESEHATAN YG DPT MEMPENGARUHI INDIVIDU DAN KOMUNITAS AGAR MEREKA DAPAT MEMBUAT KEPUTUSAN YG TEPAT BERKAITAN DGN PENGELOLAAN KESEHATAN.
  2. STUDI YG MENEKANKAN PERANAN TEORI KOMUNIKASI YG DPT DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN DAN PRAKTEK YG BERKAITAN DGN PROMOSI KESEHATAN DAN PEMELIHARAAN KESEHATAN.
  3. PROSES UTK MENGEMBANGKAN ATAU MEMBAGI PESAN KESEHATA KEPADA AUDIENS TTT DGN MAKSUD MEMPENGARUHI PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEYAKINAN MEREKA TG PILIHAN PERILAKU HIDUP SEHAT.
  4. SENI DAN TEHNIK PENYEBARLUASAN INFORMASI KESHAYAN YG BERMAKSUD MEMPENGARUHI DAN MEMOTIVASI INDIVIDU, MENDORONG LAHIRNYA LEMBAGA ATAU INSTITUSI BAIK SEBAGAI PERATURAN ATAUPUN SEBAGAI ORGANISASI DIKALANGAN AUDIENS YG MENGATUR PERHATIAN TERHADAP KESEHATAN.
KOMUNIKASI KESEHATAN MELIPUTI INFORMASI TTG PENCEGAHAN PENYAKIT, PROMOSI KESEHATAN, KEBIJAKSANAAN PEMELIHARAAN KESEHATAN, REGULASI BISNIS DALAM BIDANG KESEHATAN, YG SEJAUH MUNGKIN MENGUBAH DAN MEMBAHARUI KUALITAS INDIVIDU DALAM SUATU KOMUNITAS ATAU MASYARAKAT DGN MEMPERTIMBANGKAN ASPEK ILMU PENGETAHUAN DAN ETIKA.
  1. PROSES KEMITRAAN ANTARA PARA PARTISIPAN BERDASARKAN DIALOH DUA ARAH YG DIDALAMNYA ADA SUASANA INTERAKTIF, ADA PERTRUKARAN GAGASAN, ADA KESEPAKATAN MENGENAI KESATUAN GAGASAN MENGENAI KESEHATAN, JUGA MERUPAKAN TEHNIK DARI PENGIRIM DAN PENERIMA UTK MEMPEROLEH INFORMASI MENGENAI KESEHATAN YG SEIMBANG DEMI MEMPERBAHARUI PEMAHAMAN BERSAMA.

DARI BERBAGAI DEFINISI DPT DISIMPULKAN BAHWA KOMUNIKASI KESEHATAN MELIPUTI UNSUR 2 :
  1. PROSES KOMUNIKASI MANUSIA ( HUMAN COMMUNICATION ) DEMI MENGATASI MASALAH KESEHATAN.
  2. KOMUNIKASI YG SAMA DGN KOMUNIKASI PADA UMUMNYA, YAITU ADA KOMUNIKATOR KESEHATAN, KOMUNIKAN, PESAN, MEDIA, EFEK, ADA KONTEKS KOMUNIKAN KESEHATAN.
  3. BEROPERASI PADA LEVEL ATAU KONTEKS KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL, KELOMPOK, ORGANISASI, PUBLIK  DAN KOMUNIKASI MASA.
  4. BELAJAR MEMANFAATKAN STRATEGI KOMUNIKASI.
  5. BELAJAR TTG PERANAN TEORI  KOMUNIKASI DALAM PENELITIAN DAN PRAKTEK YG BERKAITAN DGN PROMOSI KLESEHATAN DAN PEMELIHARAAN KESEHATAN.
  6. PENYEBAR LUASAN INFORMASI TTG KESEHATAN.
  7. KETERPENGARUHAN DARI INDIVIDU DAN KOMUNITAS DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN YG BERKAITAN DGN KESEHATAN.
  8. PEMANFAATAN MEDIA DAN TEHNOLOGI KOMUNIKASI DAN TEHNOLOGI INFORMASI DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI KESEHATAN.
  9. PENGUBAHAN KONDISI YG KONDUSIF YG MEMUNGKINKAN TUMBUHNYA KESEHATAN MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA.
  10. VARIASI INTERAKSI DALAM KERJA KESEHATAN MISALNYA KOMUNIKASI DGN PASIEN DIKLINIK, SSLF HELP GROUPS, MAILINGS,HOTLINES, KAMPANYE MEDIA MASSA HINGGA PENCIPTAAN PERISTIWA.
  11. PENDIDIKAN KESEHATAN.
  12. PENDEKATAN YG MENEKANKAN USAHA PERUBAHAN PERILAKU AUDIENS AGAR MEREKA TANGGAP TERHADAP MASALAH TTT DALAM SUATU WAKTU TTT.
  13. SENI DAN TEHNIK UTK MENYEBARLUASKAN INFORMASI.
  14. PROSES KEMITRAAN DGN PARTISIPAN BERDASARKAN DIALOH DUA ARAH.


CAKUPAN KOMUNIKASI KESEHATAN.

BANYAK SEKALI TEORI, MODAL DAN PERSPEKTIF MENGENAI KOMUNIKASI KESEHATAN. NAMUN SEMUA MODEL TEORITIK MAUPUN PRAKTIS ITU MELIPUTI :
  1. KOMUNIKASI PERSUASIF DAN KOMUNIKASI YG BERDAMPAK PADA PERUBAHAN PERILAKU KESEHATAN.
  2. FAKTOR2 PSIKOLOGIS INDIVIDUAL YG MEMPENGARUHI PERSEPSI TERHADAP MKESEHATAN.:
    • STIMULUS ( OBJEK PERSEPSI ) > SENSE ORGAN DAN PEMAKNAAN STIMULUS  ( RESPONS ).
    • BAGAIMANA MENGORGANISIR STIMULUS >BERDASARKAN ATURAN, SKEMATA DAN LABEL.
    • INTERPRETASI DAN EVALUASI BERDASARKAN PENGETAHUAN, PENGALAMAN DAN LAIN2
    • MEMORY DAN
    • RECALL.

  1. PENDIDKAN KESEHATAN ( HEALTH EDUCATION ) YG BERTUJUAN  
MEMPERKENALKAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI INFORMASI DAN PENDIDKAN KEPADA INDIVIDU DGN MENGGUNAKAN AKTIVITAS MATERIAL MAUPUN TERSTRUKTUR. CAKUPAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELIPUTI :
    • JENIS PENDIDIKAN PROFESIONAL DIBIDANG KESEHATAN    (KURIKULUM  DLL ).
    • PENJENJANGAN PENDIDIKAN PROFESI.
    • PELATIHAN PROFESIONAL ( JENIS, JENJANG DAN KURIKULUM)
    • PENDIDIKAN MASYARAKAT ( INFORMAL ).
    • S D M PENDIDIK.
    • D L L .
  1. PEMASARAN SOSIAL YG BERTUJUAN UTK MEMPERKENALKAN
ATAU MENGUBAH PERILAKU POSITIF MELALUI PRINSIP2 PEMASARAN DNG MENGINTERVENSI INFORMASI KESEHATAN YG BERMANFAAT BAGI KOMUNITAS.
  1. PENYEBARLUASAN INFORMASI KESEHATAN MELALAI MEDIA            
( SOSIALISASI , INFORMASI, PENDIDIKAN, HIBURAN, OPINI, PEMBERITAAN DLL )
  1. ADVOKASI, PENDAMPINGAN MELALUI MKOMUNITAS, KELOMPOK ATAU MEDIA MASSA YG BERTUJUAN UTK MEMPERKENALKAN :
    • KEBIJAKAN.
    • PERATURAN.
    • PROGRAM 2 UTK MEMPERBAHARUI KESEHATAN.
  2. RESIKO KOMUNIKASI BERTUJUAN UTK MENYEBAR LUASKAN INFORMASI YG BENAR MENGENAI RESIKO YG DIHADAPI OLEH MASYARAKAT TERHADAP INFORMASI MENGENAI KESEHATAN TERMASUK DAMPAK PENGGUNAAN INFORMASI YG SALAH MENGENAI KESEHATAN, DAN MENGUSULKAN CARA2 UTK MENGATASI KESALAHAN INFORMASI.
  3. KOMUNIKASI DGN PASIEN MELIPUTI INFORMASI UTK SEORANG INDIVIDU MISALNYA INFORMASI YG BERKAITAN DGN KONDISI        KESEHATAN INDIVIDU, BGM MEMAKSIMALKAN PERAWATAN, PEMBERIAN TERAPI, ATAU PENYAMPAIAN PENDEKATAN ALTERNATIF, TERMASUK DALAM TEMA INI ADALAH BGM MELAYANI PASIEN SECARA KOMUNIKATIF.
  4. I8NFORMASIMKESEHATAN UTK PARA KONSUMEN ---- SATU AKTIVITAS KOMUNIKASI YG DITUJUKAN KEPADA PARA INDIVIDU- KONSUMEN DEMI MEMBANTU INDIVIDU UTK MEMAHAMI KESEHATAN INDIVIDU, BGM INDIVIDU MEMBUAT KEPUTUSAN YG BERKAITAN DGN KESEHATAN INDIVIDU, KESEHATAN KELUARGA, MISALNYA BERHUBUNGAN DGN PENYEDIA JASA KESEHATAN, ASURANSI KESEHATAN ATAU ASP;EK PEMELIHARAAN KESEHATAN JANGKA PANJANG.
  5. MERANCANG HEALTH ENTERTAIN ATAU HIBURAN YG DIDALAMNYA MENGANDUNG INFORMASI KESEHATAN, YG MELIPUTI PILIHAN JENIS HIBURAN YG DIJADIKAN SEBAGAI EVENT UTK  MENGOMUNIKASIKAN TEMA2 MENGENAI KESEHATAN INDIVIDU MAUPUN KESHATAN MASYARAKAT.
  6. KOMUNIKASI KESEHATAN YG INTERAKTIF YAKNI KOMUNIKASI KESEHATAN YG DILAKUKAN MELALUI MEDIA INTREAKTIF SHG TERJADINYA DAN DISKUSI ANTARA SUMBER DGN PENERIMA MELALUI MEDIA MASSA.
  7. STRATEGI KOMUNIKASI YG MENJADI DESAIN PILIHAN :
    • KOMUNIKASI KESEHATAN.
    • PESAN2 KESEHATAN.
    • MEDIA KESEHATAN.
    • KOMUNIKASI KESHATAN ( AUDIENS – SASARAN KOMUNIKASI)
    • MEREDUKSI HAMBATAN KOMUNIKASI.
    • MENENTUKAN ATAU MEMILIH KONTEKS KOMUNIKASI KESEHATAN D L L .


TUJUAN KOMUNIKASI KESEHATAN.

1. TUJUAN STRATEGIS
     PADA UMUMNYA PROGRAM2 YG BERKAITAN DGN KOMUNIKASI KESEHATAN YG DIRANCANG DALAM BENTUK PAKET ACARA ATAU PAKET MODUL DPT BERFUNGSI UTK :
  1. RELAY INFORMATION, MENERUSKAN INFORMASI KESEHATAN DARI SUATU SUMBER KPD PIHAK LAIN SECARA BERANGKAI ( HUNTING ).
  2. ENABLE INFORMED DECISION MAKING – MEMBERIKAN INFORMASI AKURAT UTK MEMUNGKINKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN.
  3. PROMOTE PEER INFORMATION EXCHANGE AND EMOTIONAL SUPPORT – MENDUKUNG PERTUKARAN PERTAMA DAN MENDUKUNG SECARA EMOSIONAL PERTUKARAN INFORMASI KESEHATAN.
  4. PROMOTE HEALTHY BEHAVIOR – INFORMASI UTK MEMPERKENALKAN PERILAKU HIDUP SEHAT.
  5. PROMOTE SELF CARE – MEMPERKENALKAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DIRI SENDIRI.
  6. MANAGE DEMAND FOR HEALTH SERVICES- MEMENUHI PERMINTAAN LAYANAN KESEHATAN.

2.   TUJUAN PRAKTIS
       SECARA PRAKTIS TUJUAN KHUSUS KOMUNIKASI KESEHATAN ITU MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI BEBERAPA USAHA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AGAR DAPAT :
  1. MENINGKATKAN PENGETAHUAN YG MENCAKUP :
    • PRINSIP2 DAN PROSES KOMUNIKASI MANUSIA .
    • MENJADI KOMUNIKATOR – YG MEMILIKI ETOS, PATOS ,LOGOS  KREDIBILITAS DLL.
    • MENYUSUN PESAN VERBAL DAN NON VERBAL DALAM KOMUNIKASI MKEHATAN.
    • MEMILIH MEDIA YG SESUAI DGN KONTEKS KOMUNIKASI KESEHATAN.
    • MENENTUKAN SEGMEN KOMUNIKASI YG SESUAI DGN KONTEKS KOMUNIKASI KESEHATAN.
    • MENGELOLA UMPAN BALIK ATAU DAMPAK PESAN KESEHATAN YG SESUAI DGN KEHENDAK KOMUNIKATOR DAN KOMUNIKAN.
    • MENGELOLA HAMBATAN2 DALAM KOMUNIKASI KESEHATAN.
    • MENGENAL DAN MENGELOLA KONTEKS KOMUNIKASI KESEHATAN.
    • PRINSIP 2  RISET.

  1. MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KETRAMPILAN 
BERKOMUNIKASI EFEKTIF. PRAKTIS BERBICARA, BERPIDATO, MEMIMPIN RAPAT, DIALOG, DISKUSI, NEGOSIASI, MENYELESAIKAN KONFLIK, MENULIS, MEMBACA, WAWANCARA, MENJAWAB PERTANYAAN, ARGUMENTASI DLL.

  1. MEMBENTUK SIKAP DAN PERILAKU BERKOMUNIKASI.
·         BERKOMUNIKASI YG MENYENANGKAN, EMPATI.
·         BERKOMUNIKASI DGN KEPERCAYAAN PADA DIRI.
·         MENCIPTAKAN KEPERCAYAAN PUBLIK DAN PEMBERDAYAAN PUBLIK.
·         MEMBUAT PERTUKARAN GAGASAN DAN INFORMASI MAKIN MENYENANGKAQN.
·         MEMBERIKAN APRESIASI TERHADAP TERBENTUKNYA KOMUNIKASI YG BAIK.

MANFAAT MEMPELAJARI KOMUNIKASI KESEHATAN
      1.   MEMAHAMI INTERAKSI ANTARA KESEHATAN DGN PERILAKU                 
            INDIVIDU .
  1. MENINGKATKAN KESADARAN KITA TTG ISU KEEHATAN.
      INI BERKAITAN DGN LEVEL PENYELENGGARAAN KOMUNIKASI                                           
KESEHATAN YAKNI PADA LEVEL :

·         KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL ( ANTARA DUA ATAU TIGA ORANG PARTISIPAN KOMUNIKASI KESEHATAN ).
·         KELOMPOK KECIL ATAU KOMUNITAS SOSIAL MAUPUN KULTURAK.
·         ORGANISASI.
·         MASSA.
  1. SEBAGAI TINDAK LANJUT DARI KESADARAN TSB KITA DPT       MELAKUKAN STRATEGI INTERVENSI PADA TINGKAT KOMUNITAS.
  2. MENGHADAPI DISPARITAS PEMELIHARAAN KESEHATAN ANTAR ETNIK ATAU ANTAR RAS DALAM SUATU MASYARAKAT.
  3. MENAMPILKAN ILUSTRASI KETRAMPILAN, MENGGAMBARKAN BERBAGAI JENIS KETRAMPILAN UTK MEMELIHARA KESEHATAN PENCEGAHAN, ADVOKASI ATAU SISTEM LAYANAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT.
  4. MENJAWAB PERMINTAAN TERHADAP LAYANAN KESEHATAN, TUJUAN KITA MEMPELAJARI KOMUNIKASI KESEHATAN AGAR KITA DAPAT MENGETAHUI IN FORMASI TTG KESEHATAN, LAYANAN KESEHATAN DLL.
  5. MEMPERKUAT INFRASTRUKTUR KESEHATAN MASYARAKAT DIMASA YG AKAN DATANG.
  6. MEMPERBAHARUI PERANAN PARA PROFESIONAL DIBIDANG KESEHATAN MASYARAKAT.
  7. MEMPERBAHARUI KEPUSTAKAAN TTG KOMUNIKASI KESEHATAN DENGAN MEMBERIKAN INFORMASI KESEHATAN.


PERANAN KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI KESEHATAN.

PERANAN UTAMA KOMUNIKATOR ADALAH PERSUASI.
AKTIVITAS KOMUNIKASI MANUSIA, TERMASUK KOMUNIKASI KESEHATAN PADA SEMUA LEVEL KOMUNIKASI YAKNI ANTAR PERSONAL, KELOMPOK, ORGANISASI, PUBLIK MAUPUN MASSA MEMPUNYAI TUJUAN KOMUNIKASI YG RELATIF SAMA YAITU MEMPENGARUHI SIFAT PENERIMA, MISALNYA PIHAK SASARAN YG MENGUBAH PERSEPSI DAN SIKAP MEREKA SESUAI DGN KEHENDAK PENGIRIM INFORMASI.
KALAU KITA KATAKAN BAHWA SUMBER, PENGIRIM, KOMUNIKATOR ADALAH PIHAK YG MEMPRAKARSAI KOMUNIKASI, MAKA PERANAN UTAMA KOMUNIKATOR ADALAH UNTUK MEMPENGARUHI YANG DALAM BAHASA PSIKOLOGI KOMUNIKASI DISEBUT PERSUASI.

PENGERTIAN PERSUASI.
1.      SUATU KEMAUAN YANG DISADARI DARI SEORANG KOMUNIKATOR  
UNTUK MEMODIFIKASI PIKIRAN DAN TINDAKAN KOMUNIKAN MELALUI MANIPULASI MOTIF DARI KOMUNIKAN AGAR KOMUNIKAN DAPAT BERUBAH PIKIRAN DAN TINDAKAN SEBAGAIMANA YG DIKEHENDAKI OLEH SUMBER.
2.      SENI YG DIGUNAKAN OLEH KOMUNIKATOR UTK MEMPENGARUHI
KOMUNIKAN, DAN
3.      PROSES UTK MENGUBAH SIKAP, KEPERCAYAAN, PENDAPAT ATAU
PERILAKU KOMUNIKAN.
JENIS JENIS PERSUASI.
SEORANG KOMUNIKATOR DAPAT MELAKUKAN PERSUASI DGN BAIK JIKA MEMANFAATKAN 2 (DUA) TAKTIK UNTUK MENCAPAI TUJUANNYA YAITU :
1.      TAKTIK INTENSIFY, DIMANA KOMUNIKATOR MELAKUKAN
INTENSIFY  ATAU MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUATITAS PESAN YANG INGIN MENGHASILKAN PENGARUH TERTENTU.
2.      TAKTIK DOWNPLAY, YAKNI TEHNIK UTK MENURUNKAN KUALITAS
ATAU KUANTITAS PESAN YANG INGIN MENGHASILKAN PENGARUH
TERTENTU.

INTENSITY
  • REPETITION
  • ASSOTIATION
  • COMPOSITION

                                                               PESAN  ------à PERUBAHAN SIKAP.

DOWNPLAY
  • OMMISSION
  • DIVERSION
  • CONFUSION


REPETISI ( PENGULANGAN )  ---- MERUPAKAN TAKTIK DARI KOMUNIKATOR UNTUK MENGUNGKAPKAN PESAN DENGAN MENYEBUTKAN PESAN BERULANG ULANG KALI AGAR AUDMENGANGGAP PESAN ITU PENTING SEHINGGA MUDAH DIINGAT
( CONTOH : SAYA INGATKAN SEKALI LAGI CUCI TANGAN, CUCI TANGAN, CUCI TANGAN, CUCI TANGAN SEBELUM MAKAN ).

ASOSIASI ADALAH TAKTIK DARI KOMUNIKATOR UNTUK MENGUNGKAPKAN PESAN SECARA TIDAK LANGSUNG SEHINGGA PESAN ITU HANYA DAPAT DIPAHAMI JIKA DIHUBUNGKAN DENGAN :
1.      SESEORANG  ATAU EVENT.
2.      SESUATU YG DISUKAI ATAU TIDAK DISUKAI. DAN,
3.      DENGAN AUDIENS TERTENTU (CONTOH INGAT YAH KASUS 100 ORANG ANAK SD KUANPOI YG HARUS DIRAWAT DI RSUD ITU GARA2 MINUM SUSU KADALUARSA (EVENT) > ISI PESAN JANGAN MEMBELI SUSU YANG SUDAH KADALUARSA.

KOMPOSISI.
KOMPOSISI MERUPAKAN TAKTIK DARI KOMUNIKATOR UNTUK MENGUNGKAPKAN SUATU PESAN MELALUI KOMPOSISI BAHASA, DIKSI, BIAS VOKAL ATAU VISUAL DAN LAIN2 ( CONTOH: IKLAN SUSU DANCOW > AKU DAN KAU SUKA DANCOW> CATATAN : KATA DAN MENGINGATKAN KITA PADA KATA  “ DAN “ KATA COW PADA KATA “ KAU “) ATAU ORANG LEBIH MUDAH INGAT KATA YANG SALAH: TERMOREX ATAU TERMOS ES ?

OMISI ADALAH TAKTIK SEDERHANA MENYAMPAIKAN PESAN YANG KRITIS DEMI MENGHINDARI ( MENUTUPI ) KEKURANGAN ATAU KELEMAHAN DARI APA YANG DIINFORMASIKAN. KADANG2 ADA YANG MENYEBUT  OMISI  SEBAGAI EUFEMISME, MISAKAN MENGHALUSKAN  SUATU PERNYATAAN YANG TYERKANDUNG DALAM INFORMASI SEHINGGA MAMBUAT ORANG YANG MENDENGAR TIDAK TERSINGGUNG.
( CONTOH IBU2 INGAT YAH, WAKTU MASAK SAYUR PAKAI GARAM YODIUM UNTUK MENCEGAH GONDOK > KOMUNIKATOR TIDAK MAU MEMBUAT PARA IBU DIKAMPUNG TERSINGGUNG KARENA SEBAGIAN BESAR ORANG DEWASA DARI KAMPUNG ITU MENDERITA GONDOK INDEMIK.

DIVERSI.
MERUPAKAN TAKTIK UNTUK MENYATAKAN KEBURUKAN KITA ATAU MENYATAKAN KEBAIKAN DARI ORANG KITA.( CONTOH : KEBIASAAN BURUK DARI IBU2 KITA DI RT 12 INI SUKA GOSIP WAKTU MENUNGGU ANAK2 DITIMBANG DIPOSYANDU, COBA BELAJAR DARI IBU2 DI RT 17, IBU2 MEREKA DIAJARI CARA MASAK BUBUR KACANG IJO SAMBIL MENUNGGU ANAK2 DITIMBANG.

KONFUSI.
ADALAH TAKTIK UNTUK MENYATAKAN SESUATU DENGAN JARGON, ATAU MENYAMPAIKAN INFORMASI SECARA KELEWAT DETAIL ATAU YANG KONTRADIKTIF SEHINGGA MEMBINGUNGKAN ORANG LAIN, BAHKAN MENYAMPAIKAN SESUATU DENGAN LOGIKAYANG SALAH.
( ANAK SEHAT – REMAJA SEHAT – PEMUDA SEHAT – TOSGSA SEHAT >
JARGON ; KALAU MAU ANAK DEMAM BERDARAH DAN MATI DI UGD MAKA BIARKANLAH DIA BERMAIN DENGAN KALENG2 KOSONG YANG ADA DIHALAMAN RUMAH > KONTRADIKTIF DAN LOGIKA YANG SALAH..

PERANAN KOMUNIKATOR BERDASARKAN RETORIKA.
MENURUT ARIS TOTELES PERBEDAAN CARA BERPIKIR DAN BERTINDAK ITU DAPAT DIPERSATUKAN MELALUI RETORIKA YG DALAM PRAKTEKNYA TERGANTUNG DARI BAGAIMANA MENERAPKAN JENIS KEMAMPUAN UTK MENGUNGKAPKAN PENDAPAT, YAITU : ETHOS, PATHOS DAN LOGOS.
  1. ETOS.
KATA ARISTOTELES JIKA ANDA ADALAH KOMUNIKAN MAKA ANDA AKAN DIPENGARUHI OLEH SEORANG PEMBICARA HANYA KARENA DIA MENAMPILKAN DIRI SEBAGAI SEORANG YANG DILIHAT DAN DIRASAKAN AUDIENS SEBAGAI ORANG ( SUMBER, PENGIRIM, KOMUNIKATOR) YANG :
    • INTELIGENCE – KOMUNIKATOR YANG TAMPIL SEBAGAI SEORANG YANG PANDAI, ATAU CAKAP, PERCAYA DIRI, MENGETAHUI FAKTA, BERBICARA YANG JELAS, BERDIRI ATAU DUDUK DENGAN POSTUR TUBUH YANG MENUNJUKAN ORANG CAKAP.
    • KARAKTER – KOMUNIKATOR YANG TAMPIL DENGAN KARAKTER YANG JUJUR, ADIL, MEMILIKI REPUTASI SEHINGGA KITA MERASA ORANG ITU BERKATA BENAR DAN JUJUR.
    • GOODWILL – AUDIENS JUGA LEBIH PERCAYA KEPADA KOMUNIKATOR YANG MENUNJUKAN KEMAUAN BAIK, PERNYATAAN YANG PASTI, KONTAK MATA, GERAKAN YANG MEYAKINKAN, ADA KESAN MELINDUNGI KITA.
     DENGAN DEMIKIAN ARISTOTELES ITU MENEKANKAN ASPEK REPUTASI
     YANG TERGAMBAR DARI KOMUNIKASI SEBAGAI BERIKUT :
  • SEORANG PRIBADI YANG MENGESANKANPRIBADI YANG JUJUR, MAMPU MENGANTAR DAN MENGATUR PEMBICARAAN, TERLATIH, MEMPUNYAI KEAHLIAN DAN BERPENGALAMAN.
  • SEORANG PRIBADI YANG KETIKA SEDANG BERBICARA MAMPU MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT, MEMAINKAN KONTAK MATA DAN MEL;ANTUNKAN SUARA SECARA BERVARIASI.
  1. PATHOS.
PATHOS BERKAITAN DENGAN EMOSI, ARTINYA BAGAIMANA SEORANG KOMUNIKATOR MAMPU MENAMPILKAN DAYA TARIK EMOSIONAL SEHINGGA MAMPU MEMBANGKITKAN PERASAAN KOMUNIKAN. KEMAMPUAN ITU DITUNJUKAN OLEH MANIPULASI :
·         MAKING AND CALMING – ANGER > MAMPU MEMBUAT KOMUNIKAN MERASA SEJUK DAN MARAH.
·         LOVE – HATE  > MAMPU MEMBUAT KOMUNIKAN MENCINTAI DAN MEMBENCI.
·         FEAR – CONFIDENCE > MAMPU MEMBUAT KOMUNIKAN MERASA TAKUT ATAU MEMBANGKITKAN KEPERCAYAAN DIRI.
·         SHAME – SHAMELESSNESS > MAMPU MEMBUAT KOMUNIKAN MERASA MALU ATAU MEMBANGKITKAN KEBERANIAN.
·         INDIGNATION- ENVY > MAMPU MEMBANGKITKAN RASA BERKUASA ATAU KEHILANGAN KEKUASAAN/PENGRUH.
·         ADMIRATION – ENVY  > MAMPU MEMBANGKITKAN SEMANGAT KERJA ATAU MENDORONG ORANG LAIN BEKERJA KERAS ATAU TIDAK BEKERJA KERAS.
  1. LOGOS.
BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKATOR YANG SECARA INTELEK ( CERDIK ATAU PANDAI ) MENGATAKAN SESUATU SECARA
RASIONAL DAN ARGUMENTATIF, MISALNYA MENYAMPAIKAN INFORMASI DENGAN DATA STATISTIK MEMBERIKAN CONTOH2 DENGAN KESAKSIAN.
LOGOS MELIPUTI :
·         INVENTION – KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN SEBUAH INFORMASI YG MENAMPILKAN HUKUM2 LOGIKA (MASUK AKAL).
·         ARRANGEMENT – KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN SEBUAH TOPIK INFORMASI SECARA SEDERHANA SESUAI POSISI KOMUNIKATOR.
·         STYLE – KEMAMPUAN MENAMPILKAN GAYA BERBICARA YANG MENYENANGKAN KOMUNIKAN.
·         MEMORY – KEMAMPUAN MENAMPILKAN INFORMASI DENGAN GAMBARAN SESUATU INFORMASI YANG DIINGAT DAN INFORMASI ITU BERKAITAN DENGAN APA YANG ANDA UCAPKAN.
·         DELIVERY – KEMAMPUAN BERBICARA EFEKTIF.

PRINSIP UMUM KREDIBILITAS KOMUNIKATOR.
BEBERAPA PRINSIP YAKNI : DAYA TARIK, MOTIF, KESAMAAN, DAPAT DIPERCAYAI, KEPAKARAN DAN KEASLIAN PESAN.
  1. DAYA TARIK.MISALNYA TERTARIK KARENA SAMA SUKU, SAMA AGAMA, HJOBI YANG SAMA ATAU KOMUNIKATOR TAMPIL DENGAN PAKAIAN DAN ASESORIS YANG MENAWAN.
    • DAYA TARIK SOSIOLOGIS ANTROPOLOGIS.
AUDIENS TERTARIK PD KOMUNIKATOR KARENA MEREKA MEMPUNYAI STATUS SOSIAL YG SAMA CONTOH IBU HAMIL ISTRI PRAJURID AKAN LEBIH SUKA JIKA ISTRI KOMANDAN MENJADI KOMUNIKATOR KETIKA MENERANGKAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA.PARA ULAMA DALAM MENYAMPAIKAN PROGRAM JUMAT BERSIH.MAHASISWA FKM ASAL KONAWE AKAN LEBIH MUDAH MENJELASKAN TUJUAN KEGIATAN BAKTI SOSIAL DOKONAWE DARI PADA MAHASISWA FKM ASAL BUTON.KARENA ADA PERSAMAAN KULTUR ( DAYA TARIK ANTROPOLOGIS ).
·         DAYA TARIK PSIKOLOGIS.ANTARA LAIN:
1.      DAYA TARIK FISIK.
2.      KESAMAAN.
3.      KEYAKINAN DAN KEPERCAYAAN.
4.      SIKAP.
5.      KEMAMPUAN UTK DIBANDINGKAN MISALNYA DALAM SIKAP, KEPRIBADIAN DAN LAIN2.
6.      DERAJAD PERBEDAAN.
7.      KEDEKATAN LOKASI GEOGRAFIS.
8.      KEDEKATAN PERSONAL.

·         DAYA TARIK FISIK. MISALNYA ORANG YG BERTUBUH TINGGI, TEGAP DAN BESAR LEBIH DISUKAI DARI YG BERTUBUH PENDEK APALAGI KURUS.
WANITA MUNGKIN LEBIH SENANG DGN KOMUNIKATOR PRIA DAN SEBALIKNYA.

  1. FAKTOR DINAMIS.CONTOH AUDIENS
AKAN LEBIH MUDAH MENERIMA PESAN DARI KOMUNIKATOR YG TAMPIL DENGAN DINAMIKA TINGGI ( DALAM KOMUNIKASI DISEBUT FAKTOR MOVEMENT ) ARTINYA AUDIENS LEBIH MUDAH MENERIMA INFORMASI DARI KOMUNIKAROR YG TAMPIL ENERGIK,AKTIF DAN HIDUP DAN MENAMPILKAN FISIK YG BERDAYA TAHAN TINGGI.

  1. MOTIF.FAKTOR MOTIF ATAU ALASAN PENDORONG KOMUNIKASI TURUT MENENTUKAN PERSUASI ATAU BERPENGARUH TERHADAP PENERIMAAN PESAN OLEH AUDIENS.AUDIENS LEBIH SUKA MENERIMA INFORMASI DARI KOMUNIKATOR YG SECARA TERUS TERANG TERBUKA JUJUR MENYATAKAN MAKSUD BERKOMUNIKASI.

   4. KESAMAAN.KESAMAAN ATAU
       SIMILARITY MERUPAKAN SALAH SATU
       FAKTOR YG MEMUDAHKAN
       PENERIMAAN PESAN OLEH AUDIENS.
       ORANG LEBIH TERTARIK PADA
       KOMUNIKATOR YG MEMPUNYAI
       BANYAK KESAMAAN DGN DIA MISAL
       NYA MINAT, HOBI, PILIHAN POLITIK,
       ASAL SEKOLAH, ASAL SUKU BANGSA,
      DAN LAIN LAIN.
  5. DAPAT DIPERCAYAI.
  6. KEPAKARAN.CONTOH ORANG LEBIH
      PERCAYA INFORMASI TTG KESEHATAN
      MASYARAKAT DARI SARJANA
      KESEHATAN MASY.
  1. KEASLIAN SUMBER PESAN.
MASALAH KEASLIAN SUMBER PESAN ATAU ORIGINATE THE MESSAGE SANGAT MENENTUKAN TINGKAT PENERIMAAN AUDIENS.CONTOH ORANG LEBIH PERCAYA INFORMASI ILMIAH KESEHATAN YG BERSUMBER DARI JURNAL KESEHATAN DARI PADA DARI SURAT KABAR.

DIMENSI DAN TYPE KREDIBILITAS KOMUNIKATOR.

DIMENSI KREDIBILITAS.
  1. COMPOTENCE. KEMAMPUAN KOMUNIKATOR YG DIPERLIHATKAN MELALUI KEWENANGAN ( PANGKAT, JABATAN, KEPAKARAN ) DIA TAS SUATU OBYEK YG SEDANG DIPERCAKAPKAN.
  2. CHARACTER, YG DIPERLIHATKAN OLEH MORAL KOMUNIKATOR.
  3. INTENTION, MOTIF ATAU MAKSUD YG MENDORONG KOMUNIKATOR MENGATAKAN SESUATU.
  4. PERSONALITY, YAKNI PESAN KEDEKATAN (PROXIMITY) ANTARA KOMUNIKAN DAN KOMUNIKATOR.KESAMAAN PSIKOLOGIS, SOSIOLOGIS, ANTROPOLOGIS SERING MEMPENGARUHI RASA KEDEKATAN ANTARA KOMUNIKAN DGN KOMUNIKATOR.
  5. DYNAMICS, YAKNI DINAMIKA YG DIPERLIHATKAN OLEH SEORANG KOMUNIKATOR.
  6. CHARISMA, KUALITAS INDIVIDU YG DITUNJUKAN POWERFUL LANGUAGE, SOCIAL SENSITIVITY DAN ATTRACTIVENNES.
  7. AUTHORITY, KOMUNIKATOR YG MEMEGANG KEKUASAAN ATAU WEWENANG TTT LEBIH DIPERCAYAI KOMUNIKAN DARI PADA YG TIDAK MEMPUNYAI KEKUASAAN ATAU WEWENANG.
  8. COMPLIANCE, KOMUNIKAN LEBIH MUDAH MENGADOPSI PERILAKU KOMUNIKATOR KRN HUBUNGAN DIANTARA DUA PIHAK DIIMING IMINGI OLEH HUKUMAN ATAU GANJARAN.
  9. INTERNALIZATION, KOMUNIKAN LEBIH MUDAH MENERIMA SUATU PESAN YG DIREKOMENDASIKAN KOMUNIKATOR KRN INFORMASI ITU SEARAH DGN NILAI ATAU SIKAP KOMUNIKAN.
  10. IDENTIFICATION, KOMUNIKAN JUGA LEBIH MUDAH MENERIMA SUATU PESAN YG DIREKOMENDASIKAN KOMUNIKATOR KRN INFORMASI ITU MERUPAKAN IDENTIFIKASI DIRI/PRIBADI KOMUNIKATOR.
  11. EXPERTISE, KEPAKARAN YG MELEKAT PADA SEORANG KOMUNIKATOR, KRN KEPAKARAN DALAM SUBYEK YG DIPERCAKAPKAN ATAU YG  DINFORMASIKAN AKAN MEMUDAHKAN KOMUNIKAN PERCAYA KPD KOMUNIKATOR.
  12. TRUSTWORTHINESS, HAL YG DPT DIPERCAYAI MERUPAKAN PENILAIAN KOMUNIKAN TERHADAP KOMUNIKATOR.ARTINYA AUDIENS LEBIH MUDAH MENERIMA PESAN DARI KOMUNIKATOR YG DIPERCAYAI.
  13. GOOD WILL, AUDIENS LEBIH MUDAH MENERIMA PESAN DARI KOMUNIKASI YG MENURUT DIA MEMPUNYAI KEBAIKAN TTT.
  14. EMOTIONAL INTELLIGENCE, KECERDASAN EMOSIONAL, YAKNI TAMPILAN EMOSI SESUAI DGN KONTEKS TTT, KOMUNIKATOR SANGAT MEMPENGARUHI PENERIMAAN PESAN OLEH AUDIENS.

DANIEL GOLEMAN ( PAKAR KECERDASAN EMOSIONAL ) MENGEMUKAAN 5 KARAKTERISTIK KECERDASAN EMOSIONAL SBB :
  1. SELF AWARENESS, SUATU KESADARAN SESEORANG ATAS EMOSI YG DIA MILIKI, DAN KESADARAN ITU DPT MEMBUAT SESEORANG BISA MENGARTIKULASIKAN EMOSINYA SETEPAT TINDAKANNYA.
  2. MANAGING EMOTIONS, BGM MENGGAMBARKAN EMOSI SECARA TEPAT SESUAI DGN LINGKUNGAN (LEVEL) KOMUNIKASI ATAU KONTEKS KOMUNIKASI.
  3. MOTIVATING YOUR SELF, BGM MENGELOLA EMOSI DAN MENJADIKAN EMOSI SEBAGAI FAKTOR PENDORONG UTK MENCAPAI SESUATU YG DICITA CITAKAN.
  4. RECOGNIZING EMOTIONS IN OTHERS, BGM SESEORANG MENGAKUI EMOSI ORANG LAIN, INI MERUPAKAN SIKAP EMPATI ATAU MEMASUKI PERASAAN ORANG LAIN.
  5. HANDLING RELATIONSHIPS, BGM SESEORANG MENANGANI EMOSINYA DALAM RELASI DGN ORANG LAIN.

TIPE KREDIBILITAS.
DE VITO MENGEMUKAKAN BAHWA ADA TIGA TIPE KREDIBILITAS KOMUNIKATOR YAITU :
  1. INITIAL CREDIBILITY, YAKNI INISIAL YG MENUNJUKAN STATUS ATAU POSISI SESEORANG, MISALNYA JABATAN, PANGKAT, GELAR2 AKADEMIK ATAU KEBANGSAWANAN DLL.
  2. DERIVED CREDIBILITY, YAKNI SESUATU YG MENGESANKAN BAGI KOMUNIKAN TATKALA KOMUNIKASI SEDANG BERLANGSUNG MISALNYA TTG KEMAMPUAN INTELEKTUAL, MORAL KOMUNIKATOR, TTG KOMPOTENSI HINGGA KE KEMAMPUAN UTK MENGEKSPRESIKAN KATA2 MELALUI BAHASA ISYARAT (NON VERBAL )
  3. TERMINAL CREDIBILITY, YAKNI HASIL YG DIPEROLEH AKIBAT DUA TIPE KREDIBILITAS TERDAHULU ( INITIAL AND DERIVED) TINGKAT KETERPENGARUHAN.

MENGELOLA PESAN DALAM KOMUNIKASI KESEHATAN.
HAKEKAT PESAN YAKNI :
1.      ISI (CONTENT) PESAN (MESSAGE) MERUPAKAN BASIS DARI PENGARUH KOMUNIKATOR (JUGA MEDIA), INILAH YANG PALING UTK DIPELAJARI.
2.      ISI PESAN DIRANCANG SECARA CERMAT OLEH PERANCANG, PRODUSER, PENULIS,EDITOR UTK MEMPENGARUHI AUDIENS.
3.      ISI PESAN TIDAK SELALU TERIKAT PADA HAL YG BENAR TETAPI JUGA PADA ISU YG TIDAK BENAR.
4.      STUDI TTG ISI PESAN MENDORONG KITA UTK MERAMALKAN DAMPAK TERHADAP AUDIENS.

YANG DIMAKSUD DGN CONTENT/ISI INFORMASI (PESAN) KESEHATAN :
1.      CONTENT/ISI ADALAH KELENGKAPAN JUMLAH (KUANTITAS) DAN KUALITAS INFORMASI VERBAL DAN VISUAL MENGENAI KESEHATAN YG DIDISTRIBUSIKAN OLEH KOMUNIKATOR ATAU MEDIA.
2.      JUMLAH/KUANTITAS ISI ITU MERUJUK PADA JUMLAH WAKTU YG DIGUNAKAN DALAM DETIK, MENIT, JAM UTK MEMUAT BERITA, FILM DAN LAIN2. ATAU JUMLAH KOLOM SURAT KABAR/MAJALAH YG MEMUAT BERITA, OPINI, GAMBAR, CERPEN, BERITA DAERAH, KOLOM, FEATURE, DALAM SATU KALI TERBITAN.
3.      KUALITATIF MERUJUK PADA MUTU,KUALITAS ISI, PENAMPILAN FAKTUAL, PEMEROLEHAN BERITA, DAYA GUNA SEBUAH BERITA, FAKTA, KEABSAHAN, METODE DAN TEHNIK PENGOLAHAN. PENTING UTK DIPERHATIKAN HAL2 BERIKUT INI:
·         PROMINENCE/IMPORTANT – PESAN YG MAU DISAMPAIKAN ITU MERUPAKAN SESUATU YG MENONJOL DAN PENTING.
- LAKI2 SULTRA YG BERSTATUS
   KAWIN KURANG TAHU ALAT KB.
-  WANITA SULTRA YG BERESTATUS
    KAWIN LEBIH TAHU TTG ALAT KB.
·         HUMAN INTEREST – PESAN YG MAU DISAMPAIKAN ITU MENGANDUNG DAYA TARIK KEMANUSIAAN.
MOTHER TERESA DARI KALKUTA.
·         CONFLICT/CONTROVERSY – PESAN YANG MAU DISAMPAIKAN ITU MENGANDUNG KONFLIK, KONTRAVERSIAL, ANEH.
TAK ADA SATU LAKI2PUN DISULTRA YG TAHU TTG CARA MENGHINDARI AIDS.
·         THE UNUSUAL – PESAN YG DISAMPAIKAN ITU MERUPAKAN PERISTIWA YG JARANG TERJADI,TIDAK LAZIM.
KISAH SANG DUKUN YG MENOLONG PERSALINAN BU DOKTER PUSKESMAS.
·         TIMELINESS – PESAN YG DISAMPAIKAN ITU MERUPAKAN PERISTIWA SESUAI DGN WAKTUNYA (AKTUAL)
20 ANAK MENGIDAP PENYAKIT ANEH DI LADONGI MENINGGAL DUNIA.
·         PROXIMITY – PESAN YG DISAMPAIKAN ITU MERUPAKAN YG DEKAT SECARA SOSIOLOGI/ANTROPOLOGI ATAU PSIKOLOGIS DGN AUDIENS.
PARA PERAWAT DI KONAWE DEMONSTRASI GARA2 PEMECATAN TERHADAP PERAWAT DIUNAAHA

KARAKTERISTIK KUALITAS INFORMASI SECARA TEORITIS :
1.      ISI PESAN MEREFLEKSIKAN REALITAS SOSIAL DGN SEDIKIT BAHKAN TANPA DISTORSI.
2.      ISI PESAN DIPENGARUHI OLEH EFEK NOL = REALITAS SOSIAL, JADI BGM PEKERJAAN KOMUNIKATOR (MEDIA) MENSOSIALISASIKAN DAN BERSIKAP ATAS REALITAS SOSIAL.
3.      ISI DIPENGARUHI PLEH KERJA KOMUNIKATOR YG RUTIN (MEDIA RUTIN) ATAU RUTINITAS ORGANISASI KOMONIKATOR, KOMUNIKASI ANTAR PEKERJA MEDIA PERUSAHAAN.
4.      ISI DIPENGARUHI OLEH GERAKAN INSTITUSI SOSIAL.
5.      ISI ADALAH FUNGSI DARI POSISI IDEOLOGIS DAN PENGOLAHAN UNTUK MENDUKUNG STATUS QUO.
6.      APAKAH SEBUAH BERITA ITU OBJEKTIF?OBJEKTIVITAS DITENTUKAN OLEH SEJAUH MANA MEDIA MENGGAMBARKAN REALITAS, BANDINGKAN ANTARA MEDIA REALITY DENGAN SOCIAL REALITY. INILAH TUGAS SOSIOLOGI MEDIA, YAKNI SEJAUH MANA KEADAAN SOSIAL MEMPENGARUHI PESAN/ISI MEDIA ITU SENDIRI.

KATEGORI FUNGSI – ISI PESAN.
1.      FUNGSI MENGAWASI LINGKUNGAN, MEMPERINGATKAN ANCAMAN DAN BAHAYA TTG DUNIA DISEKELILING KITA , MEMPERINGATKAN BAHAYA PENYAKIT MENULAR, BAHASA HIV/AIDS DLL.
2.      FUNGSI KORELASI, MELALUI TAJUK DAN PROPAGANDA SEHINGGA MEMBUAT AUDIENS MENGHUBUNGKAN PERINGATAN TSB DGN PENGAWASAN LINGKUNGAN DIATAS.
3.      TRANSMISI, ISI MENGALIHKAN NORMA MASYARAKAT DALAM PELBAGAI CARA.
4.      HIBURAN, MANUSIA NORMAL BERPIKIR BAHWA MEREKA BUTUH HIBURAN, SANTAI, HUMOR. ISI PESAN BISA DIRANCANG SEDEMIKIAN RUPA UTK MENAMPILKAN JUGA ASPEK HIBURAN AGAN AUDIENS MENIKMATI.

APAKAH ISI PESAN MEREFLEKSIKAN REALITAS ?
1.      ISI PESAN MEMANIPULASI REALITAS.
2.      MANIPULASI ISI YG DITAMPILKAN SECARA VISUAL VERSUS VERBAL.

MORRIS (1977) DALAM LILIWERI (2004) MEMBAGI PESAN NON VERBAL SBB :
1.      KINESIK ADALAH PESAN NON VERBAL YG DIIMPLEMENTASIKAN DALAM BAHASA ISYARAT TUBUH ATAU ANGGOTA TUBUH.
2.      PROKSEMIK YAITU BAHASA NON VERBAL YG DITUNJUKAN OLEH RUANG DAN JARAK ANTARA INDIVIDU DGN ORANG LAIN WAKTU BERKOMUNIKASI ATAU ANTARA INDIVIDU DGN OBYEK.
PROKSEMIK DIBAGI ATAS PROKSEMIK JARAK,PROKSEMIK RUANG DAN PROKSEMIK WAKTU.

PROKSEMIK JARAK.
PROKSEMIK JARAK MERUPAKAN BAHASA JARAK MERUPAKAN BAHASA JARAK SEBAGAI SIMBOL KOMUNIKASI YG PALING SENSITIF. JARAK ANTARA ORANG DPT DIGOLONGKAN SEBAGAI JARAK SAHABAT INTIM, JARAK SAHABAT ASAL KENAL(SAY HELLO), ATAU JARAK ROMANTIS. UMUMNYA JARAK FISIK KITA DGN ORANG LAIN MENUN JUKAN PULA KEDEKATAN FISIK DAN SOSIAL DGN LAWAN BICARA MISALNYA JARAK INTIM, JARAK PRIBADI, JARAK SOSIAL, DAN JARAK PUBLIK.MAKIN DEKAT JARAK FISIK SESEORANG DGN BADAN KITA M AKA DIA DIANGGAP MAKIN DEKAT SECARA PSIKOLOGIS MAUPUN SOSIAL DGN KITA DAN SEBALIKNYA.

PROKSEMIK RUANG.
MAKNA TERHADAPNYA YAKNI :
1.      UKURAN RUANG.
2.      HAWA ATAU UDARA DALAM RUANG.
3.      WARNA.
4.      PENCAHAYAAN.
5.      JANGKAUAN RUANG.
       
        PROKSEMIK WAKTU.
        MELIPUTI PENGGUNAAN WAKTU UTK
        BERKOMUNIKASI SECARA NON VERBAL
        PARA BAWAHAN HRS MENUNGGU
        KEDATANGAN PIMPINAN, ATAU DALAM
        PERTEMUAN, PARA BAWAHAN
        DIHARUSKAN TIBA MENDAHULUI
        ATASAN MEREKA.
        BAHASA WAKTU MELIPUTI SIMBOL :
1.      PELUANG DIPERKENANKAN UTK TERLAMBAT – WAKTU YG DIPERKENANKAN OLEH SEBUAH KEBUDAYAAN ATAU SUBKULTUR BAGI KITA UTK TERLAMBAT MENGIKUTI SEBUAH JADWAL ATAU PROGRAM FORMAL MAUPUN INFORMAL.
2.      AMBIGUITAS (TERGANTUNG KEBUDAYAAN) – TINGKAT KELUWESAN WAKTU ANTARA KETEPATAN WAKTU DAN KETERLAMBATAN WAKTU UTK MENGIKUTI SEBUAH JADUAL ATAU PROGRAM FORMAL MAUPUN INFORMAL.

3. HAPTIK.
    HAPTIK SERING DISEBUT ZERO PROXEMIC
    ARTINYA TDK ADA LAGI JARAK
    DIANTARA 2 ORANG WAKTU BERKOMUNI-
    KASI. ATAS DASAR ITU MAKA ADA AHLI
KOMUNIKASI NON VERBAL YG MENGATAKAN HAPTIK ITU SAMA DGN MENEPUK NEPUK, MERABA-RABA, MEMEGANG, MENGELUS DAN MENCUBIT.HAPTIK MENGOMUNIKASIKAN RELASI ANDA DGN SESORANG. HAPTIK DITENTUKAN OLEH 3 FAKTOR :
1.      DERAJAD ATRAKSI DAN KESUKAAN. ANDA LEBIH CENDERUNG ATAU SUKA MEMEGANG SESEORANG ATAU SUATU OBYEK YG ANDA SUKAI. ANDAPUN LEBIH SUKA MEMEGANG ATAU MENGAMBIL SUATU BARANG YG MENARIK DAN SEBALIKNYA.
2.      DERAJAT KEKELUARGAAN/KEKERABATAN.ANDA JUGA LEBIH SERING MENGHIRAUKAN JARAK FISIK DGN SESEORANG YG SANGAT DEKAT DGN ANDA, YG DIANGGAP SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA ATAU SAHABAT KARIB. KARENA KEDEKATAN PSIKOLOGIS ITULAH MAKA ANDA LEBIH BERANI MENCUBIT, MENEPUK LENGAN DAN BAHU MENCIUM DAHI ATAU PIPI.
3.      KEKUASAAN DAN STATUS.MISALNYA HUBUNGAN ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN. MEREKA YG TERGOLONG PADA KELOMPOK ATASAN SERING MENGHINDARI DIRI DARI PEGANGAN BAWAHANNYA.
4. PARALINGUISTIK.
    PARALINGUISTIK MELIPUTI SETIAP
    PENGGUNAAN SUARA SHG DIA BERMAN-
    FAAT KALAU KITA HENDAK MENGINTRE-
    PRETASI SIMBOL VERBAL. SEBAGAI CON-
    TO ORANG2 MUANG THAI MERUPAKAN
    ORANG YG RENDAH HATI, MIRIP DGN
    ORANG JAWA YG TDK MENGUNGKAPKAN
    KEMARAHAN DGN SUARA YG KERAS.
    MENGERITIK ORANG LAIN BIASANYA TAK
    DIUNGKAPKAN SECARA LANGSUNG TETA-
    PI DGN ANEKDOT. INI BERBEDA DGN
    ORANG BATAK YG MENGUNGKAPKAN SE-
    GALA SESUATU DGN SUARA KERAS.
5. ARTFAK.
    KITA TDK MEMAKSUDKAN ARTIFAK DGN
    ARTIFAK DALAM STUDI ARKEOLOGI. KITA
    MEMAHAMI ARTIFAK DALAM KOMUNIKA-
    SI NON VERBAL DGN PELBAGAI BENDA
    MATERIAL DISEKITAR KITA, LALU BGM
    CARA BENDA2 ITU DIGUNAKAN UTK
    MENAMPILKAN PESAN TATKALA DIPER-
    GUNAKAN. KITA DPT MENDUGA STATUS
    SOSIAL SESEORANG DARI PAKAIAN ATAU
    MOBIL YG MEREKA GUNAKAN.
6. LOGO DAN WARNA.
    BEBERAPA UNSUR YG PERLU DIPERHATI-
    KAN KETIKA KITA MENCIPTAKAN LOGO.
·         PENGGUNAAN WARNA.
·         UKURAN.
·         MULTIMEDIA.
·         ANIMASI ADALAH PROSES KERJA PERANCANG UTK MEMBUAT VARIASI2 ATAS SIMBOL ATAU LOGO.
7. TAMPILAN FISIK TUBUH.
     SALAH SATU KEUTAMAAN PESAN ATAU
     INFORMASI KESEHATAN ADALAH PER-
     SUASIF, ARTINYA BGM KITA MERAN   -
     CANG PESAN SEDEMIKAN RUPA SHG
     MAMPU MEMPENGARUHI ORANG LAIN
     AGAR MEREKA DAPAT MNGETAHUI
     INFORMASI, MENIKMATI INFORMASI, ME-
     MUTUSKAN UTK MEMBELI ATAU MENO –
     LAK PRODUK BISNIS YG DISEBARLUAS  -
     KAN OLEH SUMBER INFORMASI.
     DALAM KOMUNIKASI KESEHATAN BAIK
     KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MAUPUN
     KOMUNIKASI KELOMPOK KITA MERAN-
     CANG PESAN NON VERBAL YG DISUKAI
     AUDIENS.TELITI KBUDAYAAN AUDIENS
     SEBELUM MERANCANG PESAN NON VER-
     BAL BAIK RANCANGAN PESAN YG DITAM-
    PILKAN LANGSUNG DALAM KOMUNIKASI
    ANTAR PERSONAL ATAU DIGAMBARKAN
    DIATAS KERTAS, DICETAK DIPAMFLET,
    ATAU DIPINDAHKAN KE VIDEO.
    PESAN NON VERBAL TURUT MEMPENGA-
    RUHI PENERIMAAN PESAN OLEH AUDIENS.

MEMAHAMI DAN MEMAKAI PESAN VERBAL DALAM KOMUNIKASI KESEHATAN.
DALAM KOMUNIKASI VERBAL ARTINYA PESAN2 DISAMPAIKAN DLM BENTUK VERBAL BERUPA KATA2 YG DIUCAPKAN(VOKAL), DFITULIS (VISUAL).
1.      PENGGUNAAN BAHASA SECARA PRAGMATIS.
SEORANG KOMUNIKATOR KESEHATAN HENDAKLAH MEMPERHATIKAN KEBIASAAN DAN KEPRAKTISAN BAHASA DIKALANGAN IBU2 DESA YG BERKUNJUNG DIPUSKESMAS, BAPAK2 NELAYAN DIPANTAI, PARA GADIS DIPASAR UMUM, ORANG2 YG BERADA DALAM PERJALANAN DLL.
2.      INGAT VARIASI BERBAHASA
DALAM KOMUNIKASI KESEHATAN, APALAGI DALAM SITUASI ANTAR BUDAYA, HENDAKLAH KITA MEMPERHATIKAN BEBERAPA VARIASI BERBAHASA YG BERSUMBER PADA :
·         DIALEK.MASING2 DAERAH MEMPUNYAI DIALEK UTK MENERANGKAN KATA ATAU ISTILAH LOKAL.
·         AKSEN. MENUNJUKAN KEHASAN TEKANAN DALAM UCAPAN BAHASA LISAN.
·         JARGON. ADALAH SEBUAH UNIT KATA2 ATAU ISTILAH YG DIPERTUKARKAN OLEH MEREKA YG SAMA PROFESI ATAU PENGALAMANNYA.CONTOH ISTILAH SKS HANYA DIMENGERTI DIKALANGAN DOSEN DAN MAHASISWA
·         ARGOT. ADALAH BAHASA KHUSUS YG DIGUNAKAN SUATU KELOMPOK TTT UTK MENDIFINISIKAN BATAS2 KELOMPOK MEREKA DGN ORANG LAIN.DIKALANGAN ANAK2 SERING MENGGUNAKAN BAHASA KHUSUS YG HANYA DIMENGERTI DIKALANGAN MEREKA.CONTOH: KAPAN SAYA BISA DATANG KERUMAH KAMU.? (KAKEN SAKEN BIKEN DAKEN KEKEN RUKEN KAKEN?).
3.      BERBAHASA PADA SAAT YG TEPAT.
MENURUT OHOIWUTUN ANDA HRS MEMPERHATIKAN :
  • KAPAN ORANG BERBICARA. MISALNYA ORANG JAWA DAN ORANG SUNDA MENGENAL KEBIASAAN KAPAN ORANG BERBICARA, MISALNYA YG LEBIH MUDA MENDENGARKAN LEBIH BANYAK DARI PADA ORANG TUA, YG TUA OMONG LEBIH BANYAK DARI YG MUDA.
  • APA YG DIKATAKAN. MISALNYA DGN STRATEGI BERTANYA ATAU BERCERITA.
  • KECEPATAN DAN JEDAH BERBICARA. IALAH PENGATURAN KENDALI BERBICARA MENYANGKUT TINGKAT KECEPATAN DAN ISTRAHAT SEJENAK DALAM BERKOMUNIKASI ANTARA 2 PIHAK.
  • HAL MEMPERHATIKAN. DALAM BERKOMUNIKASI MEMPERHATIKAN ADALAH MELIHAT BUKAN SEKEDAR MEMPERHATIKAN.
  • GAYA KAKU ATAU PUITIS. OHOIWATUN MENULIS JIKA ANDA MEMBANDINGKAN BAHASA INDONESIA YG DIGUNAKAN PADA AWAL BERDIRINYA NEGARA INI DGN GAYA YG DIPAKAI DEWASA INI BERBEDA. BAHASA INDONESIA TAHUN  1950- AN LEBIH KAKU. GAYA BAHASA SEKARANG LEBIH DINAMIS, LEBIH BANYAK KATA.
  • BAHASA TIDAK LANGSUNG. BIASANYA TIDAK LANGSUNG DIDAHULUI OLEH BASA BASI DAN BAHASA SIMBOLIK.
4.      STRUKTUR PESAN.
DITUNJUKAN DGN :
  • POLA PENYIMPULAN (TERSIRAT ATAU TERSURAT).
  • POLA URUTAN ARGUMENTASI (MANA YG LEBIH DAHULU).
  • ARGUMENTASI (G DISENANGI ATAU TIDAK DISENANGI), POLA OBYEKTIVITAS (SATU SISI   ATAU DUA SISI).
5.      GAYA PESAN (BAHASA).
GAYA PESAN MERUPAKAN VARIASI LINGUISTIK DALAM PENYAMPAIAN  PESAN DGN :
  • PENGULANGAN.
  • MUDAH DIMENGERTI.
  • PERBENDAHARAAN KATA.
  • KEMAMPUAN MENGGUNAKAN GAYA BAHASA.
KOMUNIKATOR JUGA DIHARAPKAN MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MENGGUNAKAN GAYA BAHASA (USE STYLISTIC DEVICES) MISALNYA :
·         SIMILE – MENERANGKAN SUATU INFORMASI DGN KATA BAGAI ATAU SEPERTI – TINGKAH LAKU PENDERITA RABIES BAGAI ANJING KELAPARAN YG GANAS DAN SANGAR.
·         METAFORA – PEMAKAIAN KATA ATAU KELOMPOK KATA BUKAN DGN ARTI YG SEBENARNYA MELAINKAN SEBAGAI LUKISAN YG BERDASARKAN PERSAMAAN ATAU PERBANDINGAN – PEMUDA ADALAH TULANG PUNGGUNG BANGSA, ALIRAN UANG DALAM BISNIS ADALAH DARAH SEGAR BAGI TUBUH PERUSAHAAN.
·         PERSONIFIKASI – PERUMPAMAAN ATAU PERLAMBANGAN BENDA MATI SEBAGAI ORANG ATAU MANUSIA – HATI2 RAHASIA BISNIS YG KITA BICARAKAN INI DISAKSIKAN OLEH DINDING2 YG MENGELILINGI KITA, KECEPATAN BERPIKIR ANDA SAMA DGN ANDA MENGENDARAI SEPEDA, SEDANGKAN KECEPATAN BERPIKIR DIA SAMA SEPERTI DIA MENGENDARAI MOBIL BALAP.
·         HIPERBOLA – UCAPAN (UNGKAPAN, PERNYATAAN) KIASAN YG DIBESARBESARKAN (BERLEBIHAN) YG DIMAKSUDKAN UTK MEMPEROLEH EFEK TTT, - JUMLAH YG DIMILIKI ORANG KAYA ITU TAK AKAN HABIS MEMBERIKAN MAKAN PENDUDUK DESA INI SELAMA TUJUH TURUNAN.
·         REPETITIF – PENGULANGAN, MENGULANG ULANG KATA ATAU KALIMAT UTK MENUNJUKAN BETAPA PENTINGNYA SUATU GAGASAN – JGN LUPA MENCUCI DGN SURF PAKAI JERUK NIPIS, SURF  PAKAI JERUK NIPIS, SURF PAKAI JERUK NIPIS, SURF PAKAI JERUK NIPIS …..
·         ANTITESIS.- MEMBERIKAN KONTRAS TERHADAP 2 IDEA – JURANG ANTARA KAYA DAN MISKIN SAMA DGN LANGIT DAN BUMI.
·         HUMOR. MELONTARKAN HUMOR SECARA TEPAT.
ADA BEBERAPA TIPS MENYAMPAIKAN HUMOR YG BAIK DALAM PERGAULAN SBB :
·         KENALI PENDENGAR.
·         PERHATIKANSITUASI.
·         KUASAI BAHAN HUMOR.
·         HINDARI HUMOR YG SENSITIF.
·         JANGAN BERLEBIHAN.
6.      DAYA TARIK PESAN.
YG DIMAKSUD DENGAN DAYA TARIK PESAN (MESSAGE APPEALS) MENGACU PADA MOTIF2 PSIKOLOGI YG DIKANDUNG PESAN YAKNI :
·         RASIONAL EMOSIONAL.
·         FEAR APPEALS (DAYA TARIK KETAKUTAN)
·         REWARD APPEALS (DAYA TARIK GANJARAN.
RASIONAL EMOSIONAL.
RASIONAL ADALAH RANCANGAN PESAN YG MENJELASKAN SUATU INFORMASI SECARA RASIONAL SESUAI DGN SYARAT2 YG SEHARUSNYA. MISALNYA SYARAT ILMUM KESEHATAN DLL. CONTOH KARENA PENYAKIT INI DISEBABKAN OLEH VIRUS MAKA TDK BISA DIOBATI.PENYAKIT INI AKAN SEMBUH SENDIRI YG DALAM ISTILAH MEDIS DISEBUT SELF LIMITED DISEASE UJAR AMAN.MENURUT DIA YG BISA DILAKUKAN TERHADAP PENYAKIT INI ADALAH MELAKUKAN PENGOBATAN SESUAI DGN GEJALAH2 PENYAKIT ATAU SIMTHOMATIS. MISALNYA KETIKA PENDERITA MENGALAMI BATUK DIBERI OBAT BATUK DSBNYA.
EMOSIONAL ADALAH RANCANGAN PESAN YG MENJELASKAN SUATU INFORMASI SECARA EMOSIONAL SEHINGGA MENGGUGAH EMOSI AUDIENS. CONTOH MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. JIKA BAPAK TETAP MEROKOK BERARTI BAPAK MEMBUNUH DIRI. ITUKAN KASIHAN ANAK2 DAN ISTRI APALAGI KALAU BAPAK JADI IMPOTEN, MAKA RUMAH TANGGA BAPAK BAKAL TDK BAHAGIA.
FEAR APPEALS (DAYA TARIK KETAKUTAN)
MISALNYA BGM HUBUNGAN PEMBANTU DGN ANAK2 KETIKA ORANG TUA TDK BERADA DIRUMAH. HAL INI AKAN MENDORONG PARA ORANG TUA SIBUK UTK MELUANGKAN WAKTU LEBIH BANYAK UTK ANAK2NYA.
REWARD APPEALS (DAYA TARIK GANJARAN).
MISALNYA PASTA GIGIMEMBERTIKAN IMING2 BAGI PEMBELI DGN HADIAH JUTAAN RUPIAH SETELAH MENGUMPULKAN SEJUMLAH BUNGKUS TERTENTU. JADI ORANG DIPERSUASI UTK MEMBELI PRODUK  BUKAN KARENA DIA BUTUH PRODUK TSB TETAPI KRN DIA INGIN MENDAPATKAN HADIAH KARENA MEMBELI PRODUK ITU.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer