KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN SOSIAL
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pembangunan,
pada dasarnya, bertujuan untuk mendapatkan hal-hal yang lebih baik dibandingkan
sebelumnya. Baik itu pada hal-hal yang bersifat moral maupun material. Agar
perubahan sikap terhadap ide-ide sosial itu semakin cepat dan efektif, maka
diperlukan suatu usaha memasarkan ide-ide tersebut. Pendekatan komersial
terhadap pemasaran ide-ide sosial
merupakan alternatif yang dipandang ampuh untuk menghasilkan perubahan social
yang diharapkan. Seperti dikatakan oleh Wiebe: Semakin kampanye perubahan sosial menyerupai kampanye produk komersial,
semakin tinggi pula kesuksesan kampanye social tersebut.
Pemasaran sosial
merupakan bagian dari bidang studi komunikasi.
Salah satu definisi komunikasi yang
relevan dengan bahasan ini adalah seperti yang dikemukakan Arnold dan Hirsch :
Suatu proses penyampaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi perilaku
penerima pesan.
Pengertian yang paling sederhana mengenai
pemasaran social adalah penggunaan prinsip-prinsip dan teknik pemasaran untuk
menyampaikan ide atau perilaku tertentu. Suatu bidang komunikasi lain yang hampir mirip
dengan pemasaran social adalah komunikasi pembangunan. Hal yang membedakan
kedua bidang studi komunikasi ini adalah pada proses dan strategi penyampaian
pesannya.
B.
Rumusan
Masalah
1. Menjelaskan definisi ?
2. Menjelaskan perencanaan komunikasi pemasaran sosial ?
3. Bagaimana
strategi komunikasi pemasaran sosial ?
4. Bagaimana dampak komunikasi pemasaran sosial ?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui definisi.
2. Untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran sosial
3. Untuk mengetahui strategi komunikasi Pemasaran
sosial.
4. Untuk mengetahui dampak
komunikasi pemasaran sosial.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi
Komunikasi pemasaran sosial merupakan pola,
perencanaan, kebijakan, serta tujuan dari suatu organisasi berbadan hukum dalam
melakukan penawaran dan pertukaran gagasan sosial dengan mempergunakan
perangkat komunikasi yang dilaksanakan melalui proses sosial sehingga seorang
individu dan kelompok mampu perilaku yang menjadi sasaran pemasaran sosial.
Konsumen mungkin akan aktif mencari informasi
tersebut. Pada sisi lain, produsen menyadari situasi tersebut sehingga berusaha
mengirim dan menyebarkan informasi tentang produk kepada (adanya produk baru,
manfaat dan kegunaan produk, harga, dimana dan kapan dapat dibeli) mereka. Untuk
itu produsen perlu melakukan kagiatan promosi dengan berkomunikasi kepada
konsumen. Karena kegiatan promosi pada dasarnya adalah proses komunikasi antara
produsen dengan konsumen, maka pemahakaman komunikasi bagi produesn sangat
diperlukan.
Contoh aplikatif komunikasi dalam pemasaran
sosial yaitu : kampanye media. Kampanye media dapat dengan menggunakan
pesan-pesan kesehatan yang dikemas dalam suatu paket informasi yang disampaikan
kepada masyarakat berdasarkan tingkat/target dari sasaran komunikasi (individu,
kelompok, keluarga, atau masyarakat). Difusi inovasi adalah transformasi suatu
bentuk yang baru yang disampaikan kepada masyarakat, yang terdiri dari gagasan,
pendekatan, dan strategi baru..
B.
Perencanaan
Komunikasi Pemasaran Sosial
Perencanaan
komunikasi pemasaran sosial yaitu :
1. Analisa
situasi : melakukan analisa situasi pemasaran sosial
2. Analisa SWOT (strenght weakness
opportunity threat) : melakukan analisa produk berdasar 4 elemen SWOT.
3. Tujuan : tujuan yang ingin dicapai
melalui komunikasi pemasaran sosial.
4. Sasaran dan kompetitor :
sasaran dan kompetitor dalam pemasaran sosial.
5. Pemilihan segmen : pembagian segmen dalam
pemasaran sosial.
Agar komunikasi pemasaran efektif, perlu di
pertimbangkan :
1. Penetapan tujuan dan respons komunikasi.
2. Penetapan sasaran komunikasi (target audiens).
3. Rancangan pesan dan media komunikasi.
4. Pengemabngan promotional mix.
5. Penyusunan anggaran.
6. Evaluasi dan pengendalian komunikasi.
C.
Strategi Komunikasi Pemasaran
Sosial
Strategi komunikasi pemasaran yaitu :
1. Menyebutkan dan
mendefinisikan keempat aIat bauran promosi.
2. Memberikan garis besar
langkah-langkah untuk mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif.
3. Menjelaskan metode
penentuan anggaran promosi serta faktor-faktor yang mempengaruhi desain bauran promosi.
4. Mengenali faktor-faktor yang paling mempengaruhi perubahan
lingkungan komunikasi pemasaran saat ini.
5. Membahas proses dan
keuntungan komunikasi pemasaran.
Elemen-elemen dalam
proses komunikasi
D.
Dampak Komunikasi Pemasaran Sosial
1. Pesan
di terima, bila pesan sukses mengkomunikasikan
manfaat atau keuntungan produk yang di anggap penting oleh segmen
sasaran.
2. Evaluasi
terhadap komunikasi bisa memberikan umpan balik bagi pemasar.
3. Pesan
akan di tolak lantaran di anggap kurang kreditebel atau pesan tidak dipercaya.
Perilaku
konsumen
1. Konsumen
semakin canggih.
2. Akses
informasi yang luas.
3. Penekanan
pada nilai (value) memungkinkan konsumen memperoleh produk yang lebih sesuai
dengan kebutuhan mereka.
4. Trend
kustomisasi akan cenderung meningkat, sehingga para pemasar cenderung membidik
segmen-segmen yang makin kecil (niche) dan bahkan individu-individu.
Proses pemasaran sosial yatu :
1. Product
Bukan jasa komersil. Ex :
sex aman, menurunkan angka cacingan.
2. Price
Bukan harga barang, tapi
keuntungan bagi masyarakat.
3. Place
Merupakan lingkungan
kampanye.
4. Promotion
Adalah proses
mempromosikan.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Komunikasi pemasaran sosial merupakan pola,
perencanaan, kebijakan, serta tujuan dari suatu organisasi berbadan hukum dalam
melakukan penawaran dan pertukaran gagasan sosial dengan mempergunakan
perangkat komunikasi yang dilaksanakan melalui proses sosial sehingga seorang
individu dan kelompok mampu perilaku yang menjadi sasaran pemasaran sosial.
Agar komunikasi pemasaran efektif, perlu di
pertimbangkan :
1. Penetapan tujuan dan respons komunikasi.
2. Penetapan sasaran komunikasi (target audiens).
3. Rancangan pesan dan media komunikasi.
4. Pengemabngan promotional mix.
5. Penyusunan anggaran.
6. Evaluasi dan pengendalian komunikasi.
Mas adakah daftaar pustaka atau sumbernya. Terima kasih
BalasHapusMas adakah daftaar pustaka atau sumbernya. Terima kasih
BalasHapus